Beranda » Properti » Ini Jenis Bisnis Properti Yang Harus Kalian Ketahui

Ini Jenis Bisnis Properti Yang Harus Kalian Ketahui

Jenis Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis dengan peluang cerah untuk mendapatkan keuntungan yang di janjikan, bahkan di masa pandemi seperti ini. Karena itulah, banyak orang yang tertarik untuk memulai peruntungan di usaha tersebut. Mungkinkah Anda salah satunya?, jadi ketahuilah beberapa jenis bisnis properti.

Sektor properti bukan hanya soal tempat tinggal atau hunian. Ada berbagai jenis sektor yang menarik untuk di jadikan lahan usaha. Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita lihat dulu apa itu bisnis propertinya dan bagaimana cara memulainya. Yuk simak ulasannya di bawah ini. Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis ini, kenali dulu jenis-jenis properti bisnisnya agar Anda bisa lebih memahaminya.

Ini Jenis Bisnis Properti Yang Harus Kalian Ketahui

Perumahan Real Estat jadi jenis bisnis properti

Sesuai dengan namanya jenis bisnis properti, hunian adalah properti yang berkaitan dengan tempat tinggal hunian. Ruang lingkup perumahan real estate adalah rumah tapak, apartemen, rumah susun, penawaran, atau perumahan. Konsumen perumahan biasanya adalah keluarga atau mereka yang membutuhkan tempat tinggal.

Real Estat Komersial

Sedangkan Real Estat Komersial adalah propertinya yang di tujukan untuk tujuan bisnis (komersial) atau untuk mencari keuntungan. Misalnya, jual beli rumah-ruko (ruko), rumah-kantor (rukan), perkantoran, gedung pertemuan, hingga hotel. Barang milik konsumen semacam ini adalah komunitas bisnis atau perusahaan, hingga pemerintah

Properti Industri

Properti industri adalah propertinya yang di bangun untuk keperluan industri. Target konsumen adalah perusahaan atau bisnis besar yang di luncurkan. Jenis bisnis properti ini biasanya berupa laboratorium, gudang, pabrik, atau instalasi pengolahan limbah.

Properti Tujuan Khusus

Properti Tujuan Khusus adalah jenis propertinya yang sangat istimewa. Karena propertinya ini di bangun dengan tujuan dan fungsi tertentu. Untuk target konsumennya yakni para pebisnis yangpunya keinginan kembangkan kawasan olahraga, kolam renang, rumah sakit/RS, gedung konser, SPBU, sumur minyak, ataupun properti khusus lain sebagainya.

Hal-hal yang perlu di perhatikan

Legalitas

Administrasi atau legalitas menjadi pertimbangan yang sangat penting karena dapat mempengaruhi proses produksi serta jual beli di kemudian hari pada jenis bisnis properti. Setidaknya, legalitas sertifikasi tanah dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terjaga dengan baik saat memulai jual beli propertinya syariah.

Pastikan Anda menyelesaikan semua izin. Proses pengurusan izin mendirikan bangunan rumah tinggal memakan waktu lama. Mulai dari izin posisi, izin penggunaan lahan hingga IMB, semuanya perlu lengkap. Kemudian untuk pengembang perlu pecahkan sertifikat untuk tiap perangkatnya ya.

Dana pembangunan

Proses pembangunan perumahan akan terus memakan waktu lebih lama pada jenis bisnis properti. Jika tidak memiliki cukup uang, pemilik usaha akan mendapatkan uang dari cicilan unit pertama untuk mendanai pembangunan unit berikutnya.

Sebagai Pelanggan

Dalam menjalankan usahanya, pengembang harus mengutamakan kepuasan pelanggan. Desain rumah yang indah, struktur yang kokoh, dan posisi hunian yang strategis menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan pribadi.

Bisnis Propertinya Syariah

Banyak usaha itu saat ini yang menganut prinsip syariah Islam dan bebas dari riba. Karena sektor usahanya syariah tidak termasuk bank, maka tidak ada BI Checking bagi nasabah untuk mempermudah transaksi dalam jenis bisnis properti.

Usahanya syariah berbeda dengan yang tradisional. Karena propertinya syariah adalah model usahanya yang berdasarkan pada konsep jual beli syariah Islam. Jika Anda belum familiar dengan model usaha ini, kami sarankan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan untuk memastikan konsep syariah benar-benar di terapkan.

Dengan berbagai jenis bisnis properti di atas, tak heran jika usahanya ini mampu memberikan berbagai keuntungan. Usaha ini juga bisa di geluti oleh semua kalangan mulai dari modal kecil hingga besar. Jadi Anda tinggal menyesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki.