Beranda » Properti » Cara Merawat Gudang Supaya Tetap Bersih Serta Tertata Rapi

Cara Merawat Gudang Supaya Tetap Bersih Serta Tertata Rapi

Merawat Gudang

Gudang merupakan ruangan penting dalam sebuah rumah. Sama seperti ruangan lainnya, gudang juga perlu di rawat. Tidak masalah, sungguh! Berikut cara merawat gudang yang benar yang bisa Anda ikuti loh.

Meski sering terbengkalai, gudang memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya dengan ruangan lainnya. Biasanya gudang adalah tempat untuk menyimpan barang-barang bekas atau barang berharga dan cinderamata. Sayangnya, itu sebagai tempat penyimpanan segala macam barang seringkali kurang di perhatikan kebersihan dan kerapihannya.

Padahal, gudang yang bersih dan terawat bisa memudahkan Anda dalam mencari barang dan terhindar dari sumber penyakit. Jangan malas untuk membersihkan gudang! Yuk, mulai sekarang coba praktikkan cara merawat gudang yang mudah dan tidak ribet berikut ini!

Berikut  Ini Cara Merawat Gudang Supaya Tetap Bersih Serta Tertata Rapi

Cara Merawat Gudang Yaitu Keluarkan Semua Barang

Jika Anda sudah terlanjur mengisi gudang dengan barangnya tanpa penataan, ada baiknya Anda mulai merawat dari awal lagi. Keluarkan dulu semua barangnya menumpuk di penyimpanan agar bisa melihat ruang kosong yang tidak terhalang oleh apapun. Dengan melihat ukuran ruang gudang, Anda bisa memperkirakan kapasitasnya sehingga Anda bisa lebih teratur dalam menyimpan barang.

Setiap Sudut Bersih dari Kotoran

Cara merawat gudang selanjutnya adalah dengan membersihkan ruangan dari debu dan kotoran. Anda bisa menyapu terlebih dahulu debu yang menempel di lantai hingga plafon. Untuk membersihkan setiap sudut penyimpanan, Anda bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner. Selanjutnya, pel gudangnya dengan cairan antibakteri untuk membersihkan ruangan secara menyeluruh.

Pastikan gudang aman dari jamur dan tikus

Ruang gudangnya yang pengap dan lembap mudah mengundang jamur, oleh karena itu Anda juga harus memeriksa dinding agar tidak berjamur. Dinding yang bertahan berjam-jam dapat meningkatkan kelembapan ruangan dan merusak berbagai barangnya seperti buku dan alat elektronik.

Jika dinding lumbung berjamur, Anda bisa mengampelas lapisan permukaan dinding dan mengecat ulang ruangan dengan cat antijamur. Anda juga perlu memeriksa gudangnya untuk kemungkinan masuknya tikus. Selain dapat merusak barangmu, tikus juga dapat menularkan penyakit jua termasuk cara merawat gudang.

Urutkan Item berdasarkan Kategori

Cara perawatan gudangnya selanjutnya sangat penting dalam sistem penataan barang masuk. Pertama, urutkan item berdasarkan fungsi serta usia. Itu tidak lagi terpakai & melewati tanggal kedaluwarsa harus di buang atau di sumbangkan. Selanjutnya, buat kategori untuk barang yang bergerak cepat seperti payung & peralatan masak serta barang yang bergerak lambat seperti hiasan hari raya.

Anda juga perlu mengenali karakter yang akan di simpan di gudangnya sesuai dengan cara penyimpanan, perawatan, bahkan suhu penyimpanan. Jika mudah rusak di ruangan lembab seperti buku. Pada cara merawat gudang untuk perangkat elektronik harus di simpan dalam kotak plastik kering dan di tambahkan dengan silika gel.

Bagilah Area Gudang sesuai Kategori Barang

Setelah Anda memilah-milah yang akan masuk ke gudangnya, Anda bisa mulai membagi zona penyimpanan di gudangnya sesuai dengan kategori barangnya. Anda juga perlu mengunjungi area untuk jalur sirkulasi agar lebih mudah dalam merawat dan mengambil barang.

Jika perlu, buatlah rak atau lemari khusus untuk penyimpanan. Selain lebih rapi, kamu juga bisa menemukan dengan lebih mudah. Anda bisa membagi ruang yang ada sesuai dengan kepemilikannya. Setiap anggota keluarga memiliki tempat penyimpanan pribadi agar sesuai cara merawat gudang.

Penataan barang yang masuk gudangnya

Cara merawat gudangnya selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menata dan menata barang yang masuk sesuai zona sebelumnya. Barang-barang dengan ukuran kecil dan ringan dapat di masukkan ke dalam kotak terlebih dahulu agar tidak tercecer. Jangan lupa untuk menempatkan barang-barang tersebut sesuai dengan volume & ukurannya.

Tidak terlalu sulit bukan bagaimana cara merawat gudang yang di bahas sebelumnya?. Kuncinya adalah mulai konsisten membersihkan, menyortir juga meletakkan barang sesuai dengan waktunya masing-masing. Bahkan Anda bisa membeli asuransi properti untuk melindungi gudangnya Anda dari berbagai risiko.